Mantapkan Pendirian Poltek Bojonegoro

Rencana pendirian Poltek Negeri di Kabupaten Bojonegoro terus dimantapkan. Tiga perwakilan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI) melakukan audiensi dengan Bupati Bojonegoro Suyoto dan Panitia Pendirian Perguruan Tinggi Bojonegoro Akademi Komunitas Poltek Bojonegoro, di Ruang Batik Madrim, Kamis (31/5).

Tiga perwakilan DIKTI itu adalah Ir. Muhamad Milchan, MT dan Harianto Dipl.Ing.HTL serta Ainur Fadhila, S.Psi. Wakil Bupati Bojonegoro Setyo Hartono dan sejumlah pimpinan perusahaan dan BUMD di Kabupaten Bojonegoro juga hadir dalam pertemuan membahas rencana pendirian Poltek.

Bupati Suyoto mengatakan, tujuan pendirian Poltek di Bojonegoro adalah untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) dan memberikan kemudahan bagi lulusan SMA sederajat yang ingin meneruskan ke jenjang perguruan tinggi yang sekarang ini jumlahnya sangat sedikit.

“Ini merupakan jembatan dalam rangka mewujudkan masyarakat yang mumpuni sekaligus media dalam mewujudkan mimpi-mimpi kita selama ini,” kata Suyoto.

Menurut dia, dengan pengembangan SDM nantinya akan mampu mengubah lingkungan sehingga terwujud manusia yang memiliki nilai tambah yakni keterampilan. Karena Bojonegoro merupakan wilayah yang memiliki potensi baik itu sumber daya alam dan agribisnis lainnya yang melimpah.

“Namun karena keterbatasan kemampuan yang dimiliki oleh masyarakat kita maka kita hanya selama ini hanya menjadi penonton,” ungkapnya.

Bupati mencontohkan, seperti wilayah wonocolo yang merupakan wilayah kaya akan kandungan minyak namun tidak diimbangi kompetensi dari sisi SDM masyarakatnya. Akibatnya, SDA tersebut belum mampau mengangkat kemiskin didaerah tersebut.

“Ini seyogyanya menjadi catatatn kita semua, dengan adanya Poltek ini dipastikan akan mampu meningkatkan kemampuan manusia Bojonegoro,” tegas Bupati Kelahiran Desa Bakung, Kecamatan Kanor ini.

Bupati mengingkatkan, bahwa program study di Poltek nantinya akan menyesuaikan kebutuhan dilapangan dan pemerintah kabupaten Bojonegoro akan melakukan tindakan semaksimal mungkin. Yakni saat ini pemerintah telah menyediakan lahan seluas 7,5 hektar untuk Poltek Bojonegoro dan akan menyiapkan anggaran untuk mendukung kegiatan ini.

Sementara itu perwakilan DIKTI , Harianto menambahkan, ada beberapa catatan yang harus diperhatikan dalam pendirian Akademi Komunitas Poltek Negeri Bojonegoro ini yakni adanya pelibatan beberapa pihak sesuai dengan program study yang direncanakan. Karena Poltek ini nantinya jauh berbeda dengan akademisi yakni mengutamakan keterampilan dan kecakapan mahasiswanya.

“Karena itu sangat penting untuk menggandeng beberapa pihak, karena disinilah mereka bisa melakukan kegiatan praktek maupun aplikasi dilapangan kemudian hari,” sambung Harianto.

Menurut dia, kerjasam dengan beberapa pihak tersebut harus dituangkan dalam bentuk Memorium of Undestanding (MoU). Disisi lain dan menjadi sangat penting, kata Harianto, adalah Poltek nantinya tidak harus mencari lulusan yang banyak jika tidak diimbangi dengan peluang kerja sesuai kebutuhan yang ada didaerah.

“Jangan sampai dengan adanya Poltek ini justeru akan menciptakan pengangguran yang memiliki kemampuan,” pesannya.

Sementara itu, Yudi Pramono selaku Ketua Panitia Pendirian Perguruan Tinggi Akademi Komunitas Poltek Negeri Bojonegoro menambahkan, bahwa tujuan didirikannya akademi ini adalah untuk mengembangkan pendidikan vokasi jangka pendek Diploma 2 (D2) yang berorientasi pada perluasan lapangan kerja di Daerah maupun dunia usaha dan dunia industri. Selain itu menampung lulusan SMA sederajat yang tidak terakomodir di perguruan-perguruan tinggi baik negeri maupun swasta tentunya.

Dipoltek ini, lanjut dia, program study yang akan dibuka ada enam program study antara lain teknologi pengolahan hasil pertanian, teknik pertambangan, teknik informatika, teknik mesin otomatif, pariwisata dan komputer akutansi. Untuk biaya perkuliahan, sangat terjangkau yakni Rp. 150 ribu perbulan dan pendaftaran sudah dimulai tahun 2012 ini.

“Antusiasme lulusan SMA sederajat di Kabupaten Bojonegoro sangat tinggi. Saat ini sudah ada yang mendaftar untuk menjadi mahasiswa Akademi Komunitas Poltek Negeri Bojonegoro,” pungkas Yudhi tanpa menyebut berapa jumlah pendaftar. (dwi/kominfo)

Sumber : Bojonegorokab

One response to this post.

  1. Posted by sanjaya edy on Juni 20, 2012 at 10:48 pm

    Di mana yah tempat sekertaiat nya jika mau nge daftar, terima kasih

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: