Bojonegoro Diproyeksikan Jadi Gudang Energi Nasional

Kabupaten Bojonegoro ke depan diproyeksikan menjadi gudang energi nasional karena keberadaan migas Blok Cepu. Cadangan migas di Lapangan Banyuurip – Jambaran tersebut akan memasok kebutuhan energi nasional. Hal itu disampaikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Hatta Rajasa di sela-sela peresmian Bendung Gerak Bengawan Solo, Rabu (2/5/2012) kemarin.

Dia menjelasakan, bahwa saat ini produksi minyak mentah nasional sekitar 900 ribu barel per hari (bph). Namun jumlah tersebut ditargetkan meningkat menjadi 1 juta bph pada 2013 mendatang.

“Target itu dapat terpenuhi dari Banyuurip yang berada Bojonegoro ini,” tegas Hatta.
Dia juga meminta, agar operator maupun kontraktor migas dalam mengelolaa minyak dan gas bumi di Bojonegoro tidak mengesampingkan warga sekitar.

“Pengelolaan gudang energi di Bojonegoro harus dibarengi dengan pengembangan bidang pangan dan ternak. Dengan begitu industrialisasi migas bisa membawa pertumbuhan ekonomi masyarakat,” papar besan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini.

Terpisah, Field Public and Government Affairs Manager Mobil Cepu Limited (MCL), Rexy Mawardijaya mengatakan, potensi minyak mentah dan gas bumi di Lapangan Banyu Urip, Blok Cepu, di Bojonegoro memang belum tergarap maksimal. Dia mencontohkan, seperti produksi minyak mentah di Lapangan Banyuurip baru sekitar 21 ribu barel per hari (bph) dari 165 ribu bph pada 2013 mendatang.

“Kita terus berupaya untuk membantu target pemerintah agar sumur tersebut dapat berproduksi maksimal,” sambung Rexy.

Disamping sumur minyak Banyuurip, di Bojonegoro juga ada Lapangan Sukowati, Blok Tuban yang dioperatori Joint Operating Body Pertamina – Petrochina East Java (JOB P-PEJ) dan Pertamina EP yang mengoperatori Sumur Tiung Biru (TBR). (dwi/kominfo/Bb)

Sumber : Bojonegorokab.go.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: