Petani Tembakau Di Ajak Antisipasi Hujan

BaSS FM, Bojonegoro – Dinas Perhutanan dan Perkebunan Kabupaten Bojonegoro mengajak para petani tembakau untuk mengantisipasi hujan yang turun di beberapa tempat di wilayah Kabupaten Bojonegoro. Hal itu dilakukan untuk menjaga kualitas tembakau yang diperkirakan selesai masa panen pada bulan oktober mendatang.

Menurut Khoirul Insan Kepala Bidang Usaha Perkebunan Dishutbun Bojonegoro, dengan adanya potensi hujan yang diperkirakan terjadi pada bulan September dan Oktober ini, petani diminta tetap tenang dan jangan melakukan pemetikkan tembakau dengan cara terburu – buru. Khoirul Insan ajak petani untuk menunda pemetikkan daun tembakau 1 sampai 2 hari untuk menjaga kualitas tembakau.

“Kami ajak para petani agar tetap tenang dan jangan petik tembakau secara emosional, karena kwalitas akan jelek dan harga bisa turun. Kami juga mohon petani tembakau untuk ditunda 1 -2 hari agar daun tembakau menjadi masak atau tua kembali.”

Kepala Bidang Usaha Perkebunan Dishutbun Bojonegoro Kahoirul Insan menambahkan, dengan kondisi cuaca seperti ini Dishutbun tetap akan mengawal dan menghimbau agar pabrikan dan pengusaha tembakau tetap melakukan pembelian sampai masa panen tembakau selesai pada bulan Oktober mendatang. Khoirul Insan optimis pabrikan tetap konsisten melakukan pembelian dengan harga sesuai kualitas. Sementara analisis prakiraan sifat hujan dari stasiun Karangploso Malang, hujan dengan intensitas diatas normal akan terjadi di Kabupaten Bojonegoro pada bulan Oktober, sedangkan bulan ini Bojonegoro diperkirakan hujan turun dengan intensitas bawah normal.

Sumber : http://www.radiobassfm.com/news/petani-tembakau-di-ajak-antisipasi-hujan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: