Rencanakan Pendidikan Gratis Hingga SMA

Pemerintah Kabupaten Bojonegoro berencana memberikan pendidikan gratis mulai sekolah dasar (SD) hingga tingkat sekolah menengah atas (SMA). Rencana ini merupakan upaya pemkab dalam mensukseskan program wajib belajar (Wajar) 12 tahun.

“Itu bisa terwujud kalau nanti produksi migas disini sudah maksimal,” kata Bupati Suyoto. Sebagai daerah penghasil, Kabupaten Bojonegoro bakal memperoleh dana bagi hasil (DBH) migas cukup besar. Diperkirakan DBH yang diterima Bojonegoro mencapai sekitar Rp. 2 triliun hingga Rp. 3 triliun per tahunnya.

“Insya Allah tiga empat tahun lagi rencana itu dapat terwujud,” sergah Kang Yoto.

Hanya saja, untuk merealisasikan keinginan itu perlu penghitungan dan perencanaan yang matang tentang biaya operasional pendidikan (BOP).

“Karena semua harus disesuaikan dengan pengeluaran (belanja) dan pendapatan setiap tahunnya,” tegas Suyoto.

Sekadar diketahui, sekarang ini  Pemkab telah memberikan beasiswa bagi sekitar 25 mahasiswa berprestasi yang tidak mampu di sejumlah perguuan tinggi negeri seperti Unair, UI, ITB. Para mahasiswa ini memperoleh bantuan pendidikan dan penghidupan selama menempuh pendidikan perguruan tinggi.

“Harapan kita nanti siswa-siswa tidak mampu yang berprestasi bisa memperoleh beasiswa dari pemerintah daerah,” terangnya.

Dengan terbatasnya kuota program beasiswa yang diberikan sekarang ini, diharapkan para pelajar dapat mencari informasi melalui internet. Sebab banyak perusahaan-perusahaan mengeluarkan program beasiswa. (dwi, Kominfo)

Sumber : http://www.bojonegorokab.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=1093:berita-bojonegoro&catid=37:content-berita

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: