Pemkab Segera Paving 100 Km Jalan Poros Desa

Pemerintah kabupaten melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Bojonegoro tahun ini merencanakan pembangunan jalan poros desa sepanjang 100 kilo meter (KM) melalui program pavingisasi.

“Ini (100 km) belum menyentuh semua jalan poros di wilayah Bojonegoro,” kata Andi Tjandra, Kepala Dinas PU Bojonegoro, Rabu (16/02/2011).

Menurut Andi, total panjang jalan poros desa di Kabupaten Bojonegoro di 430 desa yang tersebar di 27 kecamatan ini mencapai 1.150 km. Namun dari jumlah tersebut yang baru tertangani baru sekitar 460 Km (40 persen) dan 690 km (60 persen) dalam kondisi tidak layak.

“Setiap kilo meternya program ini membutuhkan biaya sekitar Rp. 300 juta. Jadi tahun ini kita menganggarkan sekitar Rp. 30 milyar untuk pemavingan 100 km jalan poros desa,” ungkap pria asli Pulau Dewata ini.

Dijelaskan, pelaksanaan program pavingisasi jalan poros desa ini sebenarnya merupakan tanggungjawab pihak masing-masing desa. Namun karena kondisi keuangan desa tidak memenuhi akhirnya progam tersebut dilaksanakan dengan sistim sharing dengan desa. Artinya, Pemkab menyediakan pavingnya dan pihak desa menyiapkan tenaga kerja dan bahan untuk pemasangan.

“Karena itu, nantinya program ini akan kita hibahkan pada desa,” tegas Andi.

Ditambahkan, selain melaksanakan pemavingan jalan poros desa sepanjang 100 km, tahun ini DPU juga akan melaksanakan perawatan jalan kabupaten di tiga ruas. Total dana yang disiapkan sebesar Rp. 4 milyar.

“Untuk jalan aspal kabupaten tahun ini akan kita tambal sulam. Baik di perkotaan maupun yang ada di kecamatan,” pungkasnya. (Kominfo/PTI)

Sumber : http://www.bojonegorokab.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=1012:berita-bojonegoro&catid=37:content-berita

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: