Banyak Diminati, Blimbing Bojonegoro Jadi Berkah

KEBERADAAN Desa Ringinrejo, Kecamatan Kalitidu, sebagai sentra agrowisata Blimbing, dirasa telah memberi berkah tersendiri bagi warga setempat. Baik itu pemilik lahan yang merasakan hasil budi daya buah Blimbing, maupun warga lain yang membantu pengerjaannya.

Seperti yang dikatakan oleh Totok, warga setempat yang kebetulan justru tidak mempunyai lahan Blimbing. “Kalau saya ya berperan sebagai penyalur,” ujarnya.

Menurut Totok, setiap harinya ia mampu mengirim hingga satu ton Blimbing. “Kalau waktu panen raya bisa mencapai satu ton, tapi rata-rata per hari adalah 500 kilogram,” tambah Totok.

Blimbing dari Ringirejo tersebut banyak diminati oleh toko-toko buah yang ada di Bojonegoro, Tuban, Lamongan, Blora, dan sekitarnya. “Mereka memang sudah rutin mengambil Blimbing dari sini,” terang Totok.

Dari para pemilik lahan Blimbing, setiap pohonnya dapat menghasilkan 50 kilogram buah siap jual. “Kalau jenis buahnya campur, karena kita budidaya nya pakai sistem cangkok,” terang Hadi, pemilik laha setengah hektar Blimbing di tempat itu.

Selain berkah bagi warga yang memilih menjadi penyalur, rejeki lainnya adalah tenaga kerja perawat buah Blimbing yang hampir masak. Untuk setiap hektarnya dibutuhkan 12 tenaga kerja.

“Musuh Blimbing itu lalat, jadi begitu baunya sudah harum, harus segera dibungkus plastik,” tambah Hadi. Tenaga pembungkus buah Blimbing seluruhnya berasal dari warga setempat. “Mereka dibayar Rp 30 ribu per harinya, itu termasuk perawatan lainnya,” tambahnya. (Kominfo02/JK)

Sumber : http://www.bojonegorokab.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=991:banyak-diminati-blimbing-bojonegoro-jadi-berkah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: