73 Bidan Diwisuda

Sebanyak 73 wisudawati Akademi Kebidanan Pemerintah Kabupaten Bojonegoro diwisuda dan dilantik sebagai tenaga kesehatan. Prosesi wisuda yang dilaksanakan di Pendopo Angling Dharama itu dihadiri Wakil Bupati Bojonegoro Setya Hartono, Senin (25/10/2010).

Direktur Akademi Kebidanan, dr Toto Suwantoro dalam menyampaikan, lulusan Akbid sampai dengan saat ini mencapai 707 orang terdiri dari 538 jalur umum dan 169 jalur khusus. Dengan jumlah mahasiswa yang masih menempuh pendidikan 348 orang yakni tingkat I 99 orang, tingkat II 108 orang dan tingkat III 102 orang. Serta program khusus mencapai 39 mahasiswi. “Untuk jumlah dosen pengajar yakni dosen tetap 20 orang dan dosen tidak tetap 19 orang,” ujarnya.
Lulusan terbaik, lanjut dr Toto, yakni Fidiyawati dengan IPK 3,37 dari Kabupaten Lamongan. Peringkat kedua Khusnul Lusiana dengan IPK 3,37 dari Kedungadem Bojonegoro dan peringkat ketiga diraih oleh Agutya Dewine Rizky dengan IPK 3,35 dari Kabupaten Bojonegoro.

Kepala Dinas Kesehatan Bojonegoro, dr Hariyono menegaskan, bahwa sampai dengan akhir tahun 2009 di Bojonegoro tercatat 540 bidan yang tersebar diseluruh wilayah. Jika dibandingkan dengan jumlah penduduk maka 42 bidan setidaknya melayani 100 ribu penduduk. Rasio ini masih jauh dibawah target indikator Indonesia Sehat 2010 yang ditetapkan oleh Menteri Kesehatan yakni 100 bidan per 100 ribu. “Kami harapkan, dimasa mendatang secara bertahap kebutuhan ini dapat dipenuhi peningkatan kuantitas ini juga tentu harus diimbangi dengan peningkatan kualitas dan profesionalesme bidan,” sambungnya.

Sementara itu Wakil Bupati H. Setyo Hartono dalam sambutannya menyampaikan meski sering mendapatkan kritikan namun Akbid masih diijinkan untuk menyelenggarakan pendidikan. Oleh karena itu, Wabup, berpesan, agar direktur Akbid untuk tidak ragu menerima mahasiswa baru. Karena ini memberikan kesempatan kepada lulusan SMA untuk ditampung dan mencetak tenaga kebidanan yang professional. “Saya harapkan para wisudawati ini dapat memanfaatkan ilmu yang telah didapat saat kuliah untuk diaplikasikan dilapangan,” pesan Wabup.

Pada kesempatan kali ini juga dirangkaikan dengan pengukuhan tenaga kesehatan oleh Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan Propinsi, Drs Ali Imron Rosyadi MM. (Kominfo/PTI)

Sumber : http://www.bojonegorokab.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=802:berita-bojonegoro&catid=37:content-berita

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: