Mulai Ujicoba Jalur MPU

BOJONEGORO – Jalur rute untuk bus dan mobil penumpang umum (MPU) dari arah barat Kota menuju terminal rejekwesi Bojonegoro mulai kemarin (30/8) berubah. Namun, perubahan ini masih dalam kondisi ujicoba. Sebab Dinas Perhubungan (Dishub) Bojonegoro belum memastikan atas perubahan rute yang semakin lama tersebut.

”Mulai tadi pagi (kemarin, red) ujicoba rute menuju terminal dimulai,” kata Kepala Dishub Suharto kepada Radar Bojonegoro.

Atas perubahan rute tersebut, praktis bus maupun MPU jurusan Cepu, Nganjuk maupun Ngawi ini akan semakin menempuh jarak lebih lama. Sebab kendaraan tersebut harus berputar dan melewati jalur protocol Bojonegoro.

Perubahan dimulai saat bus maupun MPU dari arah barat jalan Gajahmada harus berbelok ke kiri. Sehingga melewati jalan Basuki Rahmat dan berputar melewati jalan Pemuda dan Jalan Veteran hingga masuk ke terminal.
Begitu pula sebaliknya, Bus maupun MPU menuju ke arah selatan dan barat Kota Bojonegoro keluar juga melewati jalur tersebut. ”Sejauh ini belum ada laporan dalam ujicoba tersebut,” katanya kepada wartawan koran ini.

Namun pantauan di lapangan, terdapat sejumlah MPU jurusan Padangan maupun Temayang yang nakal melewati jalur altenatif. Yakni dengan memotong dan memperpendek arus dengen melewati jalan Pondok Pinang. Padahal jalan tersebut dengan ruas yang sempit dan berada di sekitar perkampungan.

Meski demikian, Suharto belum dapat memberikan teguran terhadap sejumlah MPU tersebut. ”Ini kan masih ujiocoba,” ujarnya.

Disinggung batas waktu ujicoba? Suharto belum dapat memastikannya. Sebab nantinya akan dievaluasi dan dinilai dari ujicoba yang telah dilakukan tersebut. ”tentunya kita juga berkoordinasi dengan Satlantas Polres setempat,” tambahnya.

Suharto juga menambahkan atas perubahan rute ini tentunya dapat meningkatkan perekonimian di jalur yang dilewati. Sebab jalur tersebut semakin ramai kendaraan yang melintas.

Sementara Kasatlantas Polres Bojonegoro, AKP Sudirman mengungkapkan kepolisian hanya mengawal dalam ujicoba tersebut. Selain melakukan pengamanan, pihaknya juga membantu dalam pelaksanaan ujicoba tersebut. ”Kalau ada MPU atau bus yang melanggar kami masih beri peringatan. Namun apabila rute sudah ditetapkan, maka sanksi tilang dapat diberikan,” ujarnya secara terpisah.

”Praktis, kami juga tambah personil dalam pengamanan dan uji coba ini,” tambahnya. (rij)

Sumber : http://www.jawapos.co.id/radar/index.php?act=detail&rid=177488

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: