Beranikah Obama Melayani Tantangan Ahmadinejad?

Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad untuk kesekian kalinya menantang presiden AS untuk melakukan debat terbuka di televisi agar masyarakat dunia tahu siapa yang punya solusi paling baik untuk menyelesaikan berbagai persoalan dunia. Kali ini, tantangan itu ditujukan pada Presiden AS Barack Obama.

Presiden AS Barack Obama & Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad

Presiden AS Barack Obama & Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad

Dulu, ketika George W. Bush masih menjadi presiden AS, Ahmadinejad juga menyampaikan tantangan serupa. Tapi Bush tidak punya cukup nyali untuk menjawab tantangan itu dan menganggap ajakan itu sebagai bentuk provokasi. Bagaimana dengan Obama, apakah ia juga punya keberanian untuk berdebat langsung dengan Ahmadinejad?

“Di akhir musim panas nanti (akhir September), kami mudah-mudahan akan hadir dalam pertemuan Dewan Umum PBB dan saya siap bicara satu lawan satu dengan Obama, di hadapan media massa,” kata Ahmadinejad dalam sebuah konferensi di Tehran, Senin (2/8).

“Kami akan menawarkan solusi kami untuk berbagai persoalan dunia dan kita lihat solusi siapa yang lebih baik,” sambung Ahmadinejad. Ia juga mengatakan bahwa pendahulu Obama, Presiden George W. Bush menolak tantangan yang sama karena Bush takut.

Presiden Iran menantang debat Obama di tengah ancaman sanksi baru dunia internasional terkait program nuklir Iran, yang dimotori oleh AS dan sekutu-sekutunya. AS tetap menuding Iran sedang mengembangkan senjata nuklir lewat program nuklirnya meski hasil pemeriksaan Badan Energi Atom Internasional dan beberapa komunitas intelijen di AS menyatakan bahwa Iran masih jauh dari kemampuan untuk memproduski senjata nuklir.

Dalam pidatonya, selain menantang debat Obama, Ahmadinejad mengecam sanksi yang dikenakan pada negaranya dan ancaman serangan militer terhadap fasilitas-fasilitas nuklir Iran oleh AS dan Israel.

“Memangnya siapa yang akan menyerang kita? Rezim Israel? … Kita tidak memandang Israel selevel dengan kita, apalagi memikirkan bahwa Israel mau menyerang kita,” tukas Ahmadinejad.

“Mereka bilang mau mengenakan sanksi? Lakukan saja. Berapa resolusi yang telah Anda keluarkan sampai sekaran? Empat? Buatlah sampai 4.000 resolusi,” tandasnya menyindir yang disambut tepuk tangan para hadirin.

Ahmadinejad menyebut kebijakan-kebijakan luar negeri AS berdasarkan kolonialisme dan “hukum rimba”. Ia menyatakan siap bicara dengan AS asalkan atas dasar saling menghormati dan keadilan. “Kami selalu siap diajak bicara, rakyat Iran tidak pernah dan tidak akan pernah memilih perang,” kata Ahmadinejad. (ln/arabnews)

Sumber : http://www.eramuslim.com/berita/dunia/beranikah-obama-melayani-tantangan-debat-ahmadinejad.htm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: