Pendaftar Luar Kota Dikuota Sepuluh Persen

BOJONEGORO – Dinas Pendidikan (Disdik) Bojonegoro pada tahun ajaran 2010/2011 ini membatasi kuota pendaftar siswa baru dari luar daerah sepuluh persen dari pagu yang ditetapkan masing-masing sekolah. ”Batasan ini, untuk memberikan kesempatan bagi siswa di dalam kota dulu. Karena, disadari jumlah pendaftar dari luar daerah sangat banyak, mencapai ratusan siswa,” kata Djuju Rebowo, kasi Kesiswaan Bidang SMP, SMA, SMA Disdik Bojonegoro.
Hingga kemarin (3/7) proses pendaftaran penerimaan peserta didik baru (PPDB) berjalan cukup lancar. Di SMPN Bojonegoro 5 misalnya. Hingga pukul 15.00 jumlah pendaftar mencapai 425 siswa. Jumlah tersebut melebihi pagu yang ditetapkan di sekolah ini.

”Pagu di sini adalah 320 siswa, sehingga jumlah tersebut melebihi pagu yang sudah ditetapkan. Ini untuk pendaftar yang pilihan pertamanya di SMPN 5 Bojonegoro, itu belum termasuk jika ada siswa yang menjadikan SMP sini pilihan kedua,” kata Muhadi, kepala SMPN 2 Bojonegoro kepada wartawan koran ini.

Hingga kemarin, nilai ujian nasional terendah di sekolah tersebut 24. ”Kalau yang tertinggi, maaf saya lupa, hingga pendaftaran berakhir Senin (5/7) nanti, pendaftar akan terus bertambah. Sistem penerimaannya dengan menggunakan ranking,” tuturnya.

Sementara itu, di SMPN 1 Padangan jumlah pendaftar sudah mencapai 375. Jumlah tersebut melebihi pagu yang ditetapkan, 319 siswa. ”Alhamdulillah berjalan lancar, diperkirakan jumlah pendaftar masih akan bertambah pada hari terakhir pendaftaran,” kata Bambang Sutedjo, kepala SMPN 1 Padangan.

Sedangkan di SMPN 1 Dander, jumlah pendaftar mencapai 221 siswa. Jumlah tersebut masih belum memenuhi pagu yang ditetapkan, 320 siswa. ”Di SMPN 1 Dander tidak dengan sistem online, tapi secara manual. Senin diperkirakan pagu sudah terpenuhi,” kata Soedjono, kepala SMPN 1 Dander.

Sementara untuk jenjang SMA sederajat, pendaftar di SMAN 2 Bojonegoro mencapai 485 siswa, melebihi pagu yang ditetapkan 270 siswa. Sedangkan di SMKN 2 Bojonegoro pendaftar mencapai 1.200 anak, melebihi pagu hingga 100 persen, yakni 512 siswa.

”Pada tahun ini mengalami peningkatan, jika pada tahun lalu pendaftar ada 1.125 siswa,”kata Sunoko, kepala SMKN 2 Bojonegoro dikonfirmasi terpisah. (tis/yan)

Sumber : http://www.jawapos.co.id/radar/index.php?act=detail&rid=168068

2 responses to this post.

  1. makasih banyak infonya,,,sangat bermanfaat,,,salam hangat,,,

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: