Pemprov Panggil Operator Sumur Minyak Tua

BOJONEGORO – Pemprov Jawa Timur bergerak cepat dalam penyelesaian operator yang melakukan penambangan di sumur minyak tradisional di Kecamatan Kedewan. Hari ini lima operator sumur tua tersebut bertolak ke Surabaya untuk memenuhi pemanggilan pemprov. “Ya kita akan menghadiri undangan dari ESDM Pemprov Jatim,” ujar General Manager PT Phoenix Energi Indonesia (PT PEI), Irmaidi, kemarin (6/6).
Irmaidi mengungkapkan, selain PT PEI, empat operator lainnya juga diundang. Yaitu,  PT Tripika, PT Siprima, PT Prima Energi Lestari (PEL) dan sebuah PT yang belum diketahui namanya. Namun, informasinya pengelolanya adalah warga Lamongan.

Dia mengungkapkan, pertemuan dengan pemprov untuk membahas penataan pengelolaan penambangan di sumur tua tersebut. Serta, mengenai proses perizinan lima operator yang sampai sekarang digodok di Pemprov Jatim. Pertemuan juga akan membahas semburan di sumur minyak petak 138 di Dusun Dangilo, Desa Hargomulyo, Kecamatan Kedewan, yang dikelola PT PEI.

Sementara itu, Pemkab Bojonegoro meminta agar Pertamina bertanggung jawab terkait kerusakan alam akibat penambangan minyak tua di Kecamatan Kedewan. Menurut Bupati Bojonegoro Suyoto saat ini terjadi kerusakan cukup parah akibat penambangan migas di Kedewan. “Dan Pertamina harus bertanggung jawab,” imbuhnya. Suyoto juga berharap BP Migas lebih ketat mengawasi penambangan sumur minyak di Kedewan.

Kepada pihak-pihak yang berpartner dengan KUD lokal, Suyoto mendesak mereka untuk menghentikan kegiatannya. Alasannya, semua belum memperoleh izin operasi. “Kita kan masih melakukan proses perizinan di tingkat Jawa Timur,” imbuhnya. Karena itu, mereka yang beroperasi di sana pun harus ikut bertanggung jawab terhadap kerusakan alam yang sudah terjadi. (rij/ade/fiq)

Sumber : http://www.jawapos.co.id/radar/index.php?act=detail&rid=163103

2 responses to this post.

  1. jangan sampe ngerusak lingkungand dech….

    Balas

  2. Posted by kihfa on Juni 23, 2010 at 2:19 pm

    yang dibuat perlu di ketahui adalah :
    1. Di Kedewan dan sekitarnya adalah asa Angkat Angkut minyak tradisional
    2. Wilayah Kerja disana adalah PT Pertamina
    3. PP esdm No 1 Menjadi pedoman
    4. Pemkab dan Pemprof hanya merekomendasi Koperasi pengelola di sana
    5. Sebenarnya pemainnya sama, maka Pemkap dan Pemprof untuk segera memberikan rekomendasi agar cepat dikerjakan.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: