Industri Rokok Kecil Terancam Gulung Tikar

BOJONEGORO – Tahun depan semua industri kecil yang memproduksi rokok di Kabupaten Bojonegoro diprediksi akan bangkrut dan gulung tikar. Ini menjadi warning bagi para pekerja di industri rokok. Ketua Asosiasi Gabungan Pengusaha Rokok (Gapro) Kabupaten Bojonegoro Mulyono mengungkapkan, ancaman itu terjadi sebagai dampak dari adanya pembatasan dalam pembelian cukai rokok. “Karena itu, ketentuan pemerintah tentang pembatasan pembelian cukai harus dicabut,” katanya.

Dia menjelaskan, pada 2007 jumlah perusahaan rokok kecil di Bojonegoro tercatat 119 buah. Namun, dalam perkembangannya, perusahaan rokok kecil itu sekarang tinggal 55 buah. Bahkan, sekarang ini sudah ada 12 perusahaan rokok di wilayah Bojonegoro yang nyaris berhenti produksi.

Bangkrutnya perusahaan rokok kecil tersebut, lanjut dia, karena perusahaan tidak dapat berkembang setelah pada 2004 ada ketentuan pemerintah yang mengatur pembelian cukai rokok. “Sebelumnya, perusahaan rokok kecil bisa dengan leluasa membeli jumlah cukai rokok,” tegasnya.

Namun, setelah 2004, pembelian cukai rokok dibatasi hanya boleh 100 lembar per bulan. Akibatnya, produksi mereka terpaksa berkurang dan menyesuaikan dengan jatah pita cukai. “Kalaupun ada lebih dari seratus lembar pita cukai, lainnya rokok mereka ilegal,” kata Mulyono.

Selain pita cukai, menurut dia faktor lain yang menyebabkan industri rokok tidak mampu berkembang adalah adanya persyaratan yang memberatkan. Yakni, sebuah industri rokok harus mempunyai gedung dan bangunan permanen. Syaratnya harus 200 meter persegi. “Padahal, yang namanya home industri rokok, produksinya ya di rumah masing-masing,” tambahnya. Karena itu, dalam waktu tak lama lagi perusahaan rokok kecil di Bojonegoro akan bangkrut. (ade/fiq)

Sumber : http://www.jawapos.co.id/radar/index.php?act=detail&rid=163099

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: