Phenom II X6, Prosesor Dengan Enam Buah Core Siap Dipasarkan

BOSTON (Berita SuaraMedia) – Rencana AMD untuk menghadirkan penantang prosesor enam core milik Intel bukanlah hal baru.  Kabar seputar persiapan produsen asal Sunnyvale, California tersebut sudah santer terdengar. Kini Lewat sejumlah retailer mereka, AMD telah memasarkan prosesor Phenom II X6 series yang merupakan prosesor PC desktop dengan enam buah core prosesor fisik di dalamnya.

Seperti diketahui, Phenom II X6 merupakan prosesor enam core desktop pertama untuk konsumen yang ditujukan untuk bersaing dengan produk buatan Intel, namun seperti biasa, dengan harga yang jauh lebih menarik.

Seperti diberitakan TechPowerUp, Rabu 28 April 2010, AMD memulai seri tersebut dengan dua model prosesor. Phenom II X6 1055T dan Phenom II X6 1090T Black Edition.

Salah satu retailer terkemuka asal Jerman, VV Computer, menjual Phenom II X6 1055T di harga US$ 265, sementara model 1090T Black Edition dijual seharga US$ 280.

Sebagai informasi, AMD Phenom II X6 1055T berjalan pada kecepatan 2,8GHz dengan kecepatan Turbo Core mencapai 3,3GHz.

Adapun Phenom II X6 1090T Black Edition aslinya berjalan di kecepatan 3,2GHz dengan kecepatan Turbo Core mencapai 3,6GHz.

Kedua prosesor memiliki total cache sebesar 9MB dan konsumsi daya maksimal 125 watt.

Versi 1090T Black Edition sendiri menyediakan fitur unlock multiplier untuk memudahkan pengguna mengutak-atik kecepatan prosesor tersebut lebih lanjut.

Phenom II X6 1090T Black Edition tersebut pada dasarnya memiliki kecepatan 3,2GHz dengan soket AM3 serta menggunakan daya maksimal 125 watt. Prosesor juga dilengkapi dengan 9MB cache, 3MB untuk L2 dan 6MB untuk L3.

Dari spesifikasi di atas, prosesor tampak disiapkan untuk menyaingi Intel Core i7 980X. Meski prosesor Intel Gulftown tersebut memiliki kecepatan yang lebih tinggi, yakni 3,33GHz, akan tetapi prosesor AMD seperti biasa memiliki kelebihan khas. (ar/v2s)

Sumber:  www.suaramedia.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: