Permukaan Bengawan Solo Naik Pemkab Pasang Tiga Papan Duga Baru

BOJONEGORO – Permukaan air Bengawan Solo di Bojonegoro mulai menunjukkan kecenderungan naik selama beberapa hari terakhir ini. Karena itu, Pemkab Bojonegoro mulai mewaspadai luapan banjir akibat Bengawan Solo. “Meski belum banjir, kita harus tetap waspada,” kata Bupati Bojonegoro Suyoto saat sidak (inspeksi mendadak) di papan duga pengukur ketinggian air Bengawan Solo di Desa Panjunan, Kecamatan Kalitidu, kemarin (22/1).

Menurut dia, selain di Desa Panjunan, ada dua lokasi lain yang dipasangi papan duga baru. Yakni, di Desa Pilanggede, Kecamatan Balen dan Desa Semambung, Kecamatan Kanor. Sebelumnya, ada dua papan duga yang sudah dipasang. Yaitu, di Karangnongko, Kecamatan Ngraho, sekitar 70 kilometer dari arah barat kota Bojonegoro. Dan, utara Pasar Besar Bojonegoro, Jalan Jaksa Agung Suprapto.

Selain itu, bupati yang didampingi jajarannya kemarin juga melakukan pemantauan sarana dan prasarana pengendalian banjir Bengawan Solo. Di antaranya, melakukan pemeriksaan tanggul rakyat di Kelurahan Jetak, Kecamatan Bojonegoro sepanjang 50 meter yang ambles.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bojonegoro Kasiyanto menyatakan, kewaspadaan terhadap sungai terpanjang se-Jawa itu memang mulai ditingkatkan. Hal ini karena ada kecenderungan permukaan air Bengawan Solo mulai merangkak naik. “Termasuk melakukan pemantauan ketinggian air Bengawan Solo yang terpasang pada papan duga di lima lokasi yang sudah ada,” tegasnya.

Pantauan koran ini, permukaan ketinggian air Bengawan Solo di Karangnongko pada Kamis (21/1) malam sempat mencapai 26,91 meter. Sedangkan ketinggian air Bengawan Solo di Kecamatan Kota, pada Kamis malam sempat mencapai 12,55. Tapi, pada pukul 10.00 turun menjadi 12,46.

Kasiyanto menjelaskan, volume air yang naik turun itu disebabkan dua faktor. Yakni, intensitas hujan lokal dan kiriman air dari hulu. “Asal tidak terjadi hujan deras sepanjang hari, kondisi bengawan masih aman,” paparnya. (ade/tis)

Sumber : Radar Bojonegoro (http://www.jawapos.co.id/)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: