Menanam berarti berinvestasi

BOJONEGORO – Ratusan siswa dan warga di Desa Kunci Kecamatan Dander, kemarin (22/1) secara serempak menanam pohon. Penanaman bertujuan menjaga lingkungan di sesa setempat. ”Senang sekali bisa mengikuti penanaman pohon, ini sekaligus belajar bagi siswa,”kata Linda siswa kelas VII SMP Pancasila Dander kepada wartawan koran ini kemarin.

Hadir dalam acara tersebut adalah Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Zainuddin, Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Soebowo. Selain itu, hadir pula Soeparwoto selaku Kepala Resor Pemangku Hutan Sampang dan perwakilan Lembaga Masyarakat Desa Hutan Desa Jono Kecamatan Temayang.

”Penghijauan harus mulai dikembangkan dan ditanamkan pada generasi muda. Karena menanam sekarang, berarti telah berinvestasi untuk masa depan,”kata Zainuddin kepada seluruh siswa.

Mantan Kabid Dikmen ini menegaskan dengan menanam saat ini manfaatnya akan dinikmati generasi mendatang. Selain itu juga ikut serta menjaga lingkungan dan meminimalkan terjadinya banjir.

Pohon yang ditanam adalah jenis Gemilina dan Glodok Pecut. Yang ditanam di jalan desa sepanjang 4 kilometer.

Dipilihnya, pohon jenis tersebut karena beberapa manfaatnya antara lain untuk produksi dan perlindungan. Kayu Gemilina merupakan bahan baku kertas dan kayunya digunakan untuk bahan bangunan maupun mebel.

”Selain itu, akar pohon gemilina mampu menyerap air dengan baik, dalam satu tahun bisa menyerap empat kubik air. Sehingga baik untuk pencegahan terjadinya banjir,”kata Soeparwoto, Kepala Resor Pemangkuan Hutan Sampang. (tis)

Sumber : Radar Bojonegoro (http://www.jawapos.co.id/)

One response to this post.

  1. Posted by pratiwi on Mei 18, 2010 at 4:04 pm

    makin maju aja sekolahku

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: