Banjir Bandang, 100 Rumah Terendam

BOJONEGORO – Memasuki awal musim penghujan, tiga desa di Kecamatan Dander diterjang banjir bandang, kemarin (21/11). Namun, dilaporkan tak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. “Hujan turun deras sejak pukul 15.00 sampai dengan pukul 16.30 dan disertai petir menyambar,” ungkap Penjabat Sementara (Pjs) Camat Dander Mahmudin, saat dihubungi Radar Bojonegoro, kemarin petang.
Menurut dia, akibat hujan deras, sekitar pukul 16.30 sungai yang melewati tiga desa, yakni Kunci, Jatiblimbing, dan Sumberarum meluap. Namun, dia mengaku beruntung, karena wilayah selatan yang merupakan perbukitan hutan jati yang sudah gundul, tidak hujan. Sehingga, keadaan tak bertambah parah. “Sampai kini (kemarin petang) belum ada laporan mengenai korban jiwa,” tambah Mahmudin.
Karena sifatnya banjir bandang, lanjut dia, sekitar pukul 17.30 air berangsur-angsur mulai surut, dari ketinggian puncak saat banjir yang mencapai sepinggang orang dewasa. Meski demikian, sampai sejauh itu belum ada warga yang mengungsi. Padahal, kebanyakan rumah warga yang menjadi korban banjir bandang terendam lumpur sampai dengan semata kaki orang dewasa.
Mahmudin menjelaskan, saat ini pihaknya sedang mendata jumlah rumah warga serta areal pertanian yang sempat terendam banjir bandang. Sebab, sampai kemarin petang, areal pertanian warga di wilayah Kunci bagian utara masih terendam air. “Ada sekitar 100 rumah yang sempat terendam,” terangnya. Sementara di Desa Sumberarum dan Jatiblimbing, air sempat meninggi. Namun, tidak sampai masuk ke perumahan warga. Saat ini air kembali mengalir ke sungai.
Kepala Desa Kunci Kasiyanto mengakui ada sekitar 100 rumah warganya yang sempat terendam air. Kondisi ini juga terjadi selama bertahun tahun. “Dan ini merupakan yang pertama di musim hujan tahun ini,” imbuhnya.
Terpisah, Kapolsek Dander AKP Pasuyanto menyatakan, sampai saat ini belum diketahui pasti kerugian materiilnya. Namun, sebagian besar yang terendam adalah rumah warga dan lahan pertanian padi yang baru tanam. “Saya masih mengecek di lapangan saat ini,” ujarnya. (ade)

Sumber : http://www.jawapos.co.id(Radar Bojonegoro)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: