PT. Telkom Menang Tender Broadband Wireless Access (BWA); Awesome !

Selamat Datang WIMAX

“Tidak hanya mengumumkan pemenang tender seleksi penyelenggaraan jaringan tetap lokal berbasis Packet Switched yang menggunakan pita Frekwensi Radio 2.3 GHz tapi juga hal lain seperti palapa ring dan Universal Service Obligation (USO).”

Ruang Ops, Depkominfo, Jakarta, Kabarindo– Indonesia siap sambut layanan BWA- Broadband Wireless Access. Dalam presscon sesaat setelah pemberian SK Menkominfo No.237/KEP/M.KOMINFO/7/2009 tentang Penetapan Pemenang Seleksi Penyelenggaraan Jarinagn Tetap Lokal Berbasis Packet Switched yang menggunakan Pita Frekuensi Radio 2,3 GHz untuk keperluan Layanan Pita Lebar Nirkabel.

Mohammad Nuh selaku Menkominfo langsung menggarisbawahi tiga alasan ,mengapa harus ada seremoni khusus untuk event sekarang ini. “Pengelolaan BWA punya makna khusus jadi harus ada seremoni seperti laiknya pernikahan. Selain itu ada prosesi alias tender yang khusus dan pertama kali yang dilakukan oleh Depkominfo dan juga pemerintah RI sehingga transparancy dan fairness tetap terjaga dan terakhir yang menjadi alasan adalah 2,3 GHz adalah kebijakan sistemik mulai dari infrastruktur sampai supporting.

Jadi jelas keberpihakan Depkominfo untuk perusahaan-perusahaan nasional, ” papar Muh Nuh mantap dihadapan para jurnalis, direksi para perusahaan yang menang tender dan pejabat Depkominfo dan Postel. Tampak hadir pula mendampingi Dirjen Postel Basuki Yusuf Iskandar.

Adapun pemenang-pemenang dari lelang tender kali ini seperti:
1. PT. Telkom
2. PT. Indosat Mega Media
3. PT. Inernux
4. PT. First Media
5. PT. Jasnita Telekomindo
6. PT. Berca Hardayaperkasa
7. PT. Rahajasa Media Internet a.n. Konsorsium Wimax Indonesia
8. Konsorsium PT. Comtronics Systems dan PT Adiwarta Perdania.

Menarik karena ada konsorsium yang ditambahkan oleh Muh. Nuh bahwa ini adalah wujud nyata untuk membantu ISP-ISP nasional yang masih memiliki keterbatasan modal sehingga dapat membentuk konsorsium untuk mendapatkan program tersebut. Ke delapan perusahaan  (Penyelenggara telekomunikasi) yang telah ditetapkan sebagai pemenang ini sebenarnya sudah diumumkan pada tanggal 16 Juli 2009 berdasarkan Pengumuman hasil lelang pada seleksi penyelenggaraan jaringan tetap lokal berbasis packet switched yang menggunakan pita frekuensi radio 2,3 GHZ untuk keperluan layanan pita lebar
nirkabel yang ditandatangani oleh Direktur Spektrum Frekuensi Radio Ditjen Postel Tulus Rahardjo selaku Ketua Tim Pelaksana Seleksi.

Sementara dalam sesi Q & A terungkap bahwa tarif dari internet diupayakan murah dan kesiapan dari semua pihak untuk bersama-sama agar pemakai internet dapat berlipat ganda dengan infrastruktur seluruh provinsi di Indonesia. Diupayakan agar penggunaan internet dapat disosialisasikan hingga ke pelosok desa dengan penegasan dari First Media tentang demand yang tinggi dari pengguna internet atau industri TIK dengan prinsip keterjangkauan dan kecepatan. Ditambahkan oleh Menkominfo dari upaya ini ada kenaikan dari pendapatan perkapita dari sektor TIK dan pemerintah RI akan terus memberi fasilitasi dan proteksi agar masyarakat dapat memperoleh harga yang terjangkau.

PT. Telkom setelah menambah lisensi ini diakui menambah portofolio dengan Wimax menjadikan telkom lengkap dari sisi layanan. sementara IM2 yang langsung disampaikan oleh Indar, CEO IM2 bahwa dunia ICT kecepatan makin tinggi dan kemampuan makin besar sehingga dengan begitu harga yang diturunkan dapat terwujud. Lalu  Basuki dari Dirjen Postel menjelaskan tentang Palapa Ring dari konsorsium dengan penandatangan akhir tahun ini 2009 dan semoga bisa dipercepat lalu tentang USO, daerah-daerah seperti Papua, Maluku dan Sulawesi termasuk NTT sudah berjalan dengan baik yang diorientasikan untuk masyarakat pedesaan di seluruh pelosok tanah air dan target akhir tahun 2010 semua dapat menikmati layanan informasi dan komunikasi menuju “INDONESIA CONNECTED”.

Selamat Datang Internet Murah…..!!!

Sumber : http://news.kabarindo.com/index.php?act=dnews&no=1907

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: