Kampung Hemat Energi Direalisasikan

Mojokerto – Menghemat energi bukan berarti mematikan lampu. Hemat energi adalah menggunakan lampu yang memang benar-benat hemat energi.

Marketing Communication Manager Consumer Lighting Philips Indonesia, Heru Gunadi, mengatakan hal itu saat merealisasikan program ‘Kampung Terang Hemat Energi’ di Dusun Sonosari, Desa Canggu, Kecamatan Jetis, Mojokerto.

“Dusun Sonosari adalah replikasi pertama program ini di Jawa Timur. Sebelunya kami sudah merealisasikannya di Gunung pancar, Jawa Barat,” ujar Heru di Balai Dusun Sonosari, Selasa (31/3/20098).

Heru lantas menambahkan bahwa selain Desa Canggu, program ini juga akan di realisasikan di 5 desa lain di Jatim yakni, Desa Pohsarang, Kediri, Desa Pejagalan, Bangkalan, Madura, Desa Rejosari, Bantur, Malang; Desa Triwung-Kademangan, Probolinggo dan Desa Bunusari, Jember. alasannya, kata Heru, 70 % warganya masih menggunakan lampu non hemat energi.

Untuk program ini, setiap desa digelontor 1.000 lampu hemat energi untuk 50-70 rumah, dengan perincian satu rumah mendapat 4 buah lampu hemat energi. Selain itu digelontorkan juga 100 lampu TL untuk penerangan jalan. Berkaca dari pengalaman sebelumnya, lampu-lampu tersebut tidak diberikan secara gratis, tetapi diberikan untuk ditukar dengan lampu non hemat energi yang masih terpasang di rumah warga.

“Sebelumnya di Jawa Barat, lampu yang diberikan gratis disimpan menunggu lampu non hemat energinya mati. Bahkan ada yang menjualnya,” terang Heru.

Setelah program tersebut dicoba satu bulan di dusun Sonosari, Kepala Desa Canggu, Welly Wilyanto mengatakan bahwa dari 77 buah rumah yang menggunakan lampu hemat energi, didapat penghematan hingga 4,95 %. Program itu sendiri menurut Heru akan berlangsung hanya selama 3 bulan saja. Setelah itu terserah kepada warga apakah program yang terbukti mengurangi pengeluaran pembayaran listrik itu akan diteruskan atau tidak.

“Programnya tidak hanya kampung terang, tetapi juga hemat energi,” tandas Heru. (iwd/bdh)

Sumber : http://surabaya.detik.com/read/2009/03/31/205634/1108097/475/kampung-hemat-energi-direalisasikan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: