Blok Cepu Dibahas Komisi VII DPR

Radar BOJONEGORO – Komisi VII DPR RI mendukung upaya pemkab dan provinsi ikut terlibat dalam pengembangan ekonomi dan partisipasi lokal dalam eksplorasi Blok Cepu yang segera berlangsung.

Hal itu diungkapkan Bupati Bojonegoro Suyoto usai mengadakan pertemuan dengan komisi VII kemarin (2/11) siang. Menurut Suyoto, pertemuan itu berlangsung di ruang Komisi VII DPR RI, dipimpin oleh wakil ketua komisi itu, Sutan. Hadir juga Pjs Gubernur Jatim Setya Purwaka, jajaran direksi Pertamina, serta Presiden Mobil Cepu Limited (MCL) Mike K. Nielsen dan wakil dari BP Migas. ”Itu salah satu kesimpulannya,” kata Suyoto.

Dia menjelaskan, kesimpulan yang lain di antaranya komisi yang membidangi pertambangan dan energi itu medukung saran Pemkab Bojonegoro terkait adanya dialog intensif antara BP Migas serta MCL untuk mengatasi hambatan dalam proyek tersebut. Mengenai kapan dialog itu bakal dilaksanakan, dia menyatakan bakal dijadwalkan kemudian.

Yang jelas, lanjut dia, nantinya akan digelar semacam workshop antara tiga pihak. Yakni, MCL, BP Migas, dan pemkab.

”Di situ nanti akan digali berbagai permasalahan dan dicarikan solusinya agar tidak menghambat proyek nasional ini,” ungkapnya.

Suyoto juga mengaku telah meminta agar pengolahan minyak Blok Cepu tidak dilakukan secara off shore (lepas pantai). Dia meminta pengolahan on shore (di darat).

Hal itu, tambah dia, agar pengolahan minyak bisa untuk mencukupi kebutuhan BBM di wilayah Jawa Timur. ”Selain juga agar multiplier effect-nya bisa dirasakan masyarakat Bojonegoro dan sekitarnya,” ungkapnya.

Pertemuan itu merupakan undangan dari Komisi VII DPR kepada BP Migas, MCL, serta gubernur Jatim. Sedangkan Suyoto mengaku diajak gubernur Jatim untuk memberikan penjelasan secara detail terkait permasalahan di lapangan. (ade)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: