Nonton BIOSKOP nanti bisa di Ponsel loh…

Pico Proyektor

Melihat Video dari Ponsel adalah hal yang paling membosankan bagi kita, karena kita hanya melihat sebuah gambar dari sebuah layar kecil dan kadang bagi orang golongan tua mereka merasa kurang nyaman menonton video tersebut karena mungkin faktor mata yang sudah tidak seperti waktu muda lagi. Maka di tahun 2008 ini,sebuah perusahaan ternama yaitu MICROVISON mencoba menciptakan Prototipe teknologi terbarunya yang disebut dengan PICO PROJECTOR atau boleh disebut dengan PicoP.Dengan adanya PicoP ini yang bisa dikonfigurasikan ke dalam alat telekomunikasi seperti ponsel,kita bisa melihat Video dengan gambar yang besar karena tampilannya tidak hanya dari layar hp saja,melainkan bisa diproyeksikan langsung ke dinding ataupun layar datar lainnya sehingga terasa nyaman sekali melihat video tersebut. Dan juga kita tak perlu repot-repot melihat film di bioskop lagi karena dengan memiliki produk ini kita serasa memiliki gedung bioskop sendiri di rumah.

APAKAH PICO PROYEKTOR ITU ?

Microvision adalah sebuah Perusahaan yang selalu menciptakan inovasi dalam perkembangan teknologi-teknologi terbaru di dunia. Pada tahun 2008 ini, Microvision mencoba kembali menciptakan inovasinya yang mutakhir. Tiada lain adalah sebuah Prototipe proyektor mini yang mampu memproyeksikan gambar yang berukuran cukup besar ke dinding atau ke layar lebar lainnya. Alat tersebut dinamakan dengan PICO PROJECTOR atau lebih dikenal dengan PicoP. PicoP adalah suatu alat proyektor mini yang bisa menampilkan gambar maupun video dengan menggunakan 3 laser LED. Komponen PicoP sendiri terdiri dari 3 laser LED ( warna hijau,biru dan merah), MEMS scanner,optik,dan elektronika. Keseluruhan unit PicoP ini berukuran panjang hanya kurang lebih 10 milimeter.Dan Laser proyektor ini mempunyai gambar yang beresolusi (850 x 480 piksel) setara dengan kualitas DVD.]

BAGAIMANA CARA KERJA PICO PROYEKTOR?

PicoP ini bekerja dengan menembakkan sinar laser lewat sebuah cermin getar. Cermin getar itu lalu akan memantulkan sinar untuk menghasilkan piksel yang memberi bentuk pada gambar.

Kemudian Masing-Masing Warna Pixel tersebut dihasilkan dengan kombinasi pengaturan laser merah, biru dan hijau . Intensitas dari tiap sumber cahaya yang bervariasi dapat menghasilkan corak bayangan dan warna yang lengkap. Sebagai contoh, pixels merah memerlukan laser yang berwarna merah, maka pada saat itu laser yang hanya berwarna merah yang dipakai sedangkan laser hijau dan biru sementara dimatikan. Untuk mendapatkan pixel ungu, laser biru dan merah dipakai sedangkan laser yang hijau sementara dimatikan. Begitulah seterusnya untuk pengaturan warna pixel pada laser LED sehingga warna yang ditampilkan bisa begitu teratur dan sempurna

KELEBIHAN DAN KELEMAHAN PICO PROYEKTOR 

Pico Proyektor selain berguna untuk memproyeksikan gambar,animasi atapun video ke layar lebar juga mempunyai kelebihan-kelebihan lain yang masih belum diketahui. Diantaranya adalah :

1. Berukuran sangat kecil dan konsumsi energinya sangat rendah.
2. Karena ukurannya yang kecil,PicoP bisa dikemas begitu ramping dalam ponsel yag kecil sekalipun.
3. Tanpa kipas dan tanpa alat-alat berat lainnya
4. Mampu menghasilkan gambar berkualitas DVD
5. Mudah digunakan bagi orang awam

Jika suatu teknologi itu mempunyai kelebihan,tentunya juga memiliki beberapa kekurangan. Beberapa Kekurangan PicoP diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Meskipun konsumsi energi PicoP rendah tapi baterainya hanya bisa bertahan maksimal sampai dengan ± 2 ½ jam saja jika dipergunakan untuk melihat tayangan Video. 

PENGEMBANGAN PICO PROYEKTOR KE DEPANNYA

PicoP dalam pengembangan proyek ke depannya akan bekerjasama dengan perusahaan mobile phone MOTOROLA untuk membenamkan teknologi PicoP nya ke dalam Ponsel motorola.Pihak Motorola sendiri juga sudah setuju kalau ponsel mereka akan dibenamkan teknologi laser PicoP karena akan membantu para pengguna ponsel mereka untuk melakukan presentasi dan demo.tapi sayangnya belum diketahui secara pasti kapan Motorola akan mulai memasarkan ponsel berkemampuan laser proyektor mereka itu.Dan sempat diperkirakan ponsel itu akan muncul di pasaran pada tahun 2009 mendatang. Sementara perusahaan MICROVISION tersebut juga mendesain asesoris untuk projector PCs dan game consoles yang akan muncul di akhir tahun 2008. 

 

Sumber :
http://insideit.wordpress.com/2008/0…el-tahun-2012/
http://subari.blogspot.com/2008/02/t…projector.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: