Rekomendasikan Perbaikan Dua Proyek

Radar BOJONEGORO – Untuk kesekian kalinya, Komisi D DPRD Bojonegoro dibuat meradang lantaran pengerjaan proyek fisik di Kota Ledre dinilai tidak beres. Kali ini, ada dua proyek fisik pada Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Dinas Pekerjaan Umum (PU) yang menjadi sorotan.

Yakni, pembangunan Puskesmas Pembantu (pustu) di Desa Tanjungharjo Kecamatan Kapas yang dikerjakan CV. Permata Pertiwi, dengan nilai kontrak sebesar Rp 373 juta. Serta proyek pembangunan jalan poros Desa Ngraseh-Mojoranu, Kecamatan Dander yang dikerjakan CV Jaya Karya, dengan nilai kontrak Rp 316 juta.

Anggota Komisi D DPRD Bojonegoro Nasuka mengatakan, pihaknya menemukan ketidakberesan pada pengerjaan dua proyek itu. Di Pustu Desa Tanjungharjo, keramik lantai yang digunakan diduga tidak sesuai bestek. ”Mestinya keramik yang digunakan adalah KW1, nyatanya tidak” katanya.

Selain itu, campuran semen yang digunakan juga ditengarai tidak sesuai bestek. Dimana, dalam RAB (rencana anggaran biaya) mestinya campuran semen adalah 1 banding 6. Praktiknya, campuran semen yang digunakan adalah 1 banding 12. Akibatnya, keramik tidak lekat dengan luluh.

Temuan lainnya, lanjut dia, yakni, pada pemasangan paving stone yang mestinya setebal 6 cm. Namun, rekanan menggunakan paving stone setebal 4 cm. ”Untuk itu, kami merekomendasikan agar pimpro (pimpinan proyek) menolak pengesahan penerimaan proyek yang dijadwalkan pada 24 November nanti,” tandasnya.

Agus Sugianto, sekretaris Komisi D menambahkan, ketidakberesan juga terdapat pada pengerjaan pembangunan jalan poros Desa Ngraseh-Mojoranu Kecamatan Dander. Menurut dia, dalam RAB menyebutkan ketebalan aspal mestinya 6 cm. ”Nyatanya, saat kami sidak (inspeksi mendadak) ketebalannya hanya 1,5 cm,” kata ketua FPDIP DPRD Bojonegoro itu. ”Untuk itu, kami merekomendasikan kepada kepala Dinas PU agar memerintahkan rekanan menambah ketebalan aspal,” tandasnya. (dim)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: