Humpuss Belum Dapat Bagian

Radar BOJONEGORO, 13 Nop 2008 – Mobil Cepu Limited (MCL), pengelola Blok Cepu, tak akan memberikan produksi awal pengeboran dari lapangan Banyuurip kepada Kilang milik Humpuss.

Manager Development MCL Deddy Afidick menuturkan, produksi awal 20 ribu barel minyak per hari dari lapangan tersebut sudah ada plotnya masing-masing. Dia menyatakan, dari rencana kerja yang ada saat ini, hasil pengeboran itu akan disalurkan ke pipa yang mengarah ke lapangan Mudi di Kecamatan Soko, Tuban dan kilang minyak di Sumengko, Kecamatan Kalitidu.

”Untuk yang 14 ribu barel akan dialirkan dengan pipa 6 inch ke CPA (central processing area) Mudi, sementara yang 6 ribu barel ke kilang minyak,” katanya.

Karena itulah, dia memastikan Humpuss tidak akan mendapatkan alokasi 10 ribu barel untuk produksi awal dari lapangan tersebut. ”Kalau ada perjanjian bahwa 10 ribu barel nanti adalah jatah Humpuss, saya belum tahu,” tuturnya.

Namun, dia tak mempermasalahkan Humpuss membeli minyak produksi Blok Cepu. Dengan catatan, harga minyak standar. ”Yang jelas untuk produksi awal ini tidak ada jatah untuk Humpuss sebesar 10 ribu barel. Entah kalau produksi puncak mereka mau membeli,” katanya.

Dia menuturkan, pada 10 Desember nanti Blok Cepu tetap akan berproduksi awal. Deddy memperkirakan produksi awal 20 ribu barel per hari belum akan tercapai pada Desember nanti. Untuk tahap awal itu, kemungkinan produksi hanya menghasilkan 10 ribu barel per hari.

Alasannya, fasilitas untuk pengeboran itu belum siap seratus persen. Menurut Deddy, minggu depan pihaknya baru melakukan pembersihan satu sumur. ”Dan selanjutnya baru ke sumur-sumur yang lain,” ujarnya.

Dia menambahkan, akhir Februari nanti kemungkinan semua fasilitas siap dan pembersihan sumur selesai. Pada saat itulah produksi Blok Cepu bisa ditingkatkan menjadi 20 ribu barel per hari. (ade)

One response to this post.

  1. hmm…

    kalo udah naik produksinya, nanti rekrut pegawai baru..

    jadi saya bisa ngalamar jadi bagian TI-nya he5x..😛

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: