BOS-BKMM Naik, BKSM Bertambah

Radar BOJONEGORO, 13 Nop 2008 – Tahun ini pemerintah menaikkan nominal bantuan operasional sekolah (BOS) bagi siswa SD/MI dan SMP/MTs. Juga, bantuan khusus murid miskin (BKMM) untuk SMA/SMK dan menambah jumlah penerima bantuan khusus siswa miskin (BKSM) untuk SMA/MA.

Kabag TU Disdikda Bojonegoro M. Muslih mengatakan, penambahan itu menyusul bertambahnya anggaran pendidikan dari APBN 2009. “Selain dari APBN, kami juga mengupayakan adanya penambahan dana dari APBD kabupaten,” katanya di kantor disdikda, Jalan Pattimura Bojonegoro kemarin (12/11).

Menurut dia, tahun ini dana BOS untuk siswa SD/MI Rp 21 ribu per bulan. Tahun depan naik menjadi Rp 33.166 per bulan. Rencananya, jumlah itu bakal digenapi menjadi Rp 35 per bulan dengan penambahan dari APBD setempat. Sedangkan dana BOS untuk siswa SMP/MTs tahun ini Rp 27 ribu per bulan. Tahun depan naik menjadi Rp 47.916 per bulan dan direncanakan digenapi menjadi Rp 50 per bulan.

Sementara, dana BKSM bagi siswa SMA/MA tahun depan tetap seperti tahun ini. Yakni, Rp 65 ribu per bulan. Namun, jumlah penerima direncanakan bertambah dari tahun lalu 20 persen menjadi 35 persen jumlah siswa SMA/MA di Bojonegoro. “Dana BKSM dari dana sharing antara APBD kabupaten dan APBD provinsi,” jelasnya.

Muslih menjelaskan, dana BKMM yang diterimakan untuk siswa SMA dan SMK tidak sama. Untuk siswa SMA tahun depan akan menerima Rp 90 ribu per bulan dari tahun ini Rp 65 ribu. Sedangkan untuk siswa SMK tahun depan mendapat Rp 120 ribu dari tahun ini Rp 65 ribu per bulan.

Dia menambahkan, perbedaan jumlah nominal untuk siswa SMA dan SMK didasarkan pada rincian kebutuhan operasional siswa. Sebab, kebutuhan operasional siswa SMK jauh lebih besar dibandingkan siswa SMA. “Sebab, siswa SMK akan lebih banyak praktik yang tentu biayanya juga tidak sedikit,” imbuhnya. (dim)

One response to this post.

  1. saya bisa gak dapat bksm

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: