Tumpukan Batu Bata Mulai Dirusak Oknum Tertentu

Radar Bojonegoro, 13 Agustus 2008
Tembikar Situs Batu Bata Diperkirakan Zaman Kerajaan Vietnam

Tumpukan Batu Bata Mulai Dirusak Oknum Tertentu

BOJONEGORO– Arkeolog dari Univeritas Udayana, Bali, Rochtri Agung Bawono memperkirakan tembikar yang ditemukan di sekitar lokasi situs batu bata di Desa Jelu, Kecamatan Ngasem adalah buatan dari kerajaan Vietnam zaman dulu. ”Tembikar dari Vietnam lebih kasar dari buatana kerajaan China (Tiongkok),”kata Rochtri kepada Radar Bojonegoro seusai meninjau lokasi situs batu bata kemarin.

Tembikar itu merupakan hasil dari hubungan perdagangan yang dilakukan oleh kerajaan Majapahit. Tembikar itu diperkirakan dibuat pada abad ke XIV-XVI M. ”Tembikar biasanya ditemukan di tempat pemujaan dan tapal batas wilayah sebagai penghormatan kepada dewa,”jelas dia.

Karena itu, dia memperkirakan lokasi situs itu tidak luas. Sebab, dia menduga situs itu hanya tapal batas wilayah dan tempat pemujaan seperti pura. ”Yang paling mendekati kebenaran jika melihat bentuknya situs itu dulunya tempat pemujaan, jadi bisa saja ada tempat sembayangan umat Hindu zaman dulu, seperti pura,”jelas dia. Alasannya, situs batu bata itu ada bentuk seperti tangga menuju keatas.

Biasanya, lanjut dia, jika ada lokasi pemujaan maka tida jauh dari lokasi itu ada perkampunban kecil. Kelas penduduknya pun bukan kelas priyayi atau kerajaan tapi kelas masyarakat biasa.

Sementara itu, penemu situs batu bata itu, Herry menyanyangkan situs batu bata itu yang mulai rusak. Kerusakan situs itu akibat ulah orang-orang yang tidak bertanggungjawab. ”Kami tidak tahu siapa yang merusaknya,”kata dia.

Tumpukan batu bata itu kini sudah dibongkar oleh oknum warga tertentu. Tumpukan batu bata yang tingginya sekitar 2 meter, kini rata dengan tanah. Tumpukan batu bata masih terlihat didalam tanah tapi tumpukan yang dipermukaan tanah dibongkar oleh oknum tertentu. (nas)

One response to this post.

  1. Posted by jeb on Oktober 27, 2008 at 9:25 pm

    terus gimana tindak lanjut PEMKAB

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: