Tragedi Kecelakaan Pesawat Dicegah via SMS

Fino Yurio Kristo – detikinet, Rabu, 13/08/2008


Ilustrasi (globalgiants)

Irlandia – Sebuah pesawat kecil hampir saja celaka di wilayah negara Irlandia. Namun untunglah, layanan SMS alias pesan instan berhasil menghindarkan pesawat dari malapetaka.

Pesawat bermesin ganda tersebut dikemudikan seorang pilot dan membawa empat penumpang dalam perjalanan dari Eire menuju Channel Island. Celakanya, sesaat setelah lepas landas pesawat ini kehilangan daya listrik dan sistem radionya terganggu.

Dalam keadaan darurat itu, sang pilot kemudian menghubungi bandara dan air traffic control (ATC) di wilayah Cook dengan ponsel sebagai satu-satunya jalan untuk menjelaskan situasi. Namun sialnya, hubungan panggilan via ponsel itu putus sambung.

Hal ini mengakibatkan sang pilot tidak bisa mendapat informasi penting ATC, misalnya saja soal tempat yang aman untuk mendarat.

Dalam keadaan genting, pekerja ATC kemudian bertindak pro aktif. Mereka lalu mengirimkan SMS pada si pilot sebagai jalan darurat untuk memberikan informasi vital. Berkat panduan via SMS inilah, pesawat tersebut dapat mendarat dengan selamat.

“Dalam insiden ini, inisiatif dari pekerja ATC untuk beralih dari panggilan suara yang terganggu ke SMS berkontribusi penting menyelamatkan pesawat. Tindakan ini patut diapresiasi,” tutur John Hughes, pengamat kecelakaan udara Irlandia seperti dilansir Vnunet dan dikutip detikINET, Rabu (13/8/2008).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: