Dua Karya Ilmiah SMPN I Tembus Finalis LKIR Nasional

Radar Bojoengoro, 11 Agustus 2008

BOJONEGORO– Dua karya ilmiah siswa SMPN I Bojonegoro masuk finalis LKIR tingkat nasional. Dua karya ilmiah itu adalah Kompor Tenaga Surya dan Pemanfaatan Apel Sebagai Bahan Baku Pembuatan Baterai Sederhana. Karya itu bakal dipresentasikan oleh empat siswa SMPN I dihadapan juri pada Selasa depan (12/8). Empat siswa itu adalah Taufiq Ikhsan, Cipto Dwi, Faridatul Afifah dan Aginta Friska. Mereka didampingi guru pembimbing Nurbaiti dan Tati Yudha.

Menurut Cipto karyanya mengangkat kompor tenaga surya. Idenya didapat dari browsing di internet. ”Jadi wajan yang dilapisi aluminium lalu diletakkan dilokasi yang ada sinar matahari, alumunium lalu menghantar panas dari sinar matahari,”jelas Cipto yang membuat karya itu bersam Ikhsan Taufiq.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Aginta yang mendapatkan ide bersama Faridatul Afifah dari internet mengangkat apel sebagai sumber energi untuk baterai. ”Apel itu mempunyai zat elektrolit. Di baterai juga ada zat elektrolit sehingga apel dapat menghantarkan energi bagi baterai,”terang dia. Dari hasil penelitiannya, energi baterai yang diisi dari zat elektrolit apel mampu bertahan hingga 12 jam.

Kepala SMPN I Bojonegoro, Ali Fatikan mengatakan SMPN I bakal bersaing dengan 99 finalis dari sekolah lainnya pada LKIR. ”Kita harapkan mereka mampu menjadi yang terbaik,”ujar dia. Keberhasilan dua karya ilmiah SMPN I tembus ke tingkat nasiona menjadi bukti keberhasilan materi ketrampilan yang disampaikan kepada para siswa. (nas)

One response to this post.

  1. mana gambarnya?

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: