Situs Batu Bata Diperkirakan Abad 15-16 M Ditemukan

Radar Bojonegoro, Kamis, 31 Juli 2008

BOJONEGORO- Indikasi kekuasaan kerajaan Majapahit diperkirakan meluas hingga ke Bojonegoro bakal terkuak. Di pinggir aliran sungai di Desa Jampet, Ngasem ditemukan situs berupa tumpukan batu bata yang diperkirakan dibuat pada abad ke 15- 16 M. ”Analisa awal kami memang batu bata itu dibuat pada abad Majapahit sebelum Islam,”kata arkeolog lulusan Universitas Udayana Bali, Nunung Dianawati saat dihubungi Radar Bojonegoro kemarin. Nunung pada Senin lalu berkunjung ke lokasi situs di Desa Jampet itu.

Situs itu ditemukan oleh Herry warga Desa Wadang, Ngasem saat menyusuri sungai di Desa Jampet. Herry selama ini bersama Harry Nugroho tekun mencari fosil dan situs di Bojonegoro.

Nunung mengaku belum dapat memastikan situs itu bentuk bangunan atau hanya tumpukan batu bata. Karena itu, lanjut dia, perlu penggalian lebih dalam dan luas di lokasi penemuan situs itu. ”Kami sudah mengirimkan foto itu ke Universitas Udayana untuk dianalisa,”ujar dia.

Menurut dia, dari analisa awal arkeolog Univeritas Udayana, ada dua kemungkinan situs itu, yakni dinding singkedan (tangga naik sebuah bangunan) dan tapal batas wilayah pada zaman sebelum Islam.

Sementara itu, dosen arkeologi Fakultas Sastra Universitas Udayana, Bali Rochtri Agung Bawono mengungkapkan pihaknya bakal ke Bojonegoro untuk menganalisa lebih dalam situs itu. ”Agustus nanti kami agendakan ke Bojonegoro,”ungkap dia. Selain menganalisa situs, pihaknya juga bakal menganalisa sejumlah temuan fosil hewan purba yang ditemukan di Bojonegoro.

Dia menambahkan telah menerima sejumlah foto penemuan situs itu. ”Dari batu bata situs itu memang itu batu bata yang dibuat pada zaman dulu tapi kami belum bisa memastikan sebelum melihat sendiri situs itu,”terang dia.

Dalam kesempatan terpisah, Harry Nugroho mengungkapkan pihaknya masih terkendala lahan lokasi situs itu. Sebab, situs itu bersebelahan dengan tanah pribadi warga setempat. ”Kalau ingin digali ya paling tidak harus meminta ijin ke pemilik lahan atau membebaskan lahan itu,”terang dia. Dia berharap situs itu dapat menguak sejarah masa lalu Bojonegoro. (nas)

One response to this post.

  1. Artikel di blog ini bagus-bagus dan berguna bagi para pembaca. Anda bisa lebih mempromosikan artikel Anda di infoGue.com dan jadikan artikel Anda Topik yang terbaik bagi para pembaca di seluruh Indonesia.Telah tersedia plugin / widget kirim artikel & vote yang ter-integrasi dengan instalasi mudah & singkat. Salam Blogger!
    http://arkeologi.infogue.com/situs_batu_bata_diperkirakan_abad_15_16_m_ditemukan

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: