Waduk Pacal ditutup kekeringn bakal meluas

Radar Bojonegoro, Senin, 28 Juli 2008

BOJONEGORO-Waduk Pacal di Desa Kedungsumber Kecamatan Temayang, Bojonegoro sejak 10 hari lalu ditutup dan tidak dikelurakna lagi airnya. Padahal waduk tersebut menjadi andalan irigasi pertanian di wilayah timur Bojonegoro.

Ditutupnya waduk pacal selian membawa dampak bagi pertanina juga membawa dampak sumur-sumur warga di sejumlah desa yang dilalui irigasi Waduk Pacal airnya akan menyusut, sehingga� kesulitan air bersih di Bojonegoro akan semakin meluas.

”Ini dilakukan untuk menghemat cadnagn air yang terus menipis,” kata Koordinator Balai Pengelolaan Sumber Daya Air Wilayah Bengawan Solo, Moelyono kepada Radar Bojonegoro. Apalgi menurtnya saat ini sebagian besar wilayah yang mengandlakan air dari waduk pacal juga telah melakukan panen padi

Penghematan yang dilakukan lanjut dia adalah untuk mengairi tanaman palawaija dalam kemarau ini setelah panenan padi. Saat ini lanjut dia Posisi air Waduk Pacal yang dalam musim penghujan mampu menampung air� 23 juta m3 , sekarang ini hanya tinggal 3 juta m3 lebih dan volume efektif yang masih bisa dikeluarkan sekitar 2,7 juta m3. ”Sedangkan sisanya tidak dikeluarkan sebagai upaya menjaga bangunan waduk,” ungkapnya

Dia kemudian menjelaskan dengan volume air yang masih tersisa itu diperkirakan hanya mencukupi untuk mengairi tanaman palawija di daerah irigasi waduk pacal sekitar 3.000 ha. Namun dia juga memperkirakan tanaman Palawija yang ditanam para petani, diantaranya di sejumlah desa di Kecamatan Sukosewu, Kapas, Balen, Sumberrejo dan Baureno bisa mencapai 10.000 ha.

Bahkan pihaknya juga menrerima laporanbahwa petani di Desa Ngadiluhur, Pohbogo, dan Kemanten di Kecamatan Balen, menebar benih padi setelah mereka panen padi. Harapannya l;anjut dia mengambil dari saluran irigasi induk Waduk Pacal kalau airnya dikeluarkan lagi. “Kalau kesulitan air bersih di warga kritis, bisa saja air Waduk Pacal dikeluarkan lagi, sekaligus mengairi tanaman polowijo, ” katanya. (ade)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: