Balkan (Definisi dan ambigu)

Balkan adalah nama historis dan geografis yang digunakan menggambarkan kawasan Eropa bagian tenggara. Daerah ini memiliki daerah gabungan seluas 550.000 km² dan penduduk sekitar 53 juta.

Daerah ini mendapatkan namanya dari pegunungan Balkan yang melintasi pusat Bulgaria ke Serbia bagian timur.

Definisi dan Perbatasan

Semenanjung

Terkadang Balkan merujuk pada semenanjung Balkan yang dikelilingi Laut Adriatik, Ionia, Aegea, Marmara dan Laut Hitam dari barat daya, selatan dan tenggara.

Saat ini, ditiadakan model semenanjung karena tak memiliki tanah genting untuk menghubungkannya ke daratan utama Eropa, definisi ini sering digunakan menunjukkan daerah yang lebih luas.

Balkan

Pengenalan yang jelas dari Balkan memberikan banyak sejarah umum yang dipecah dan seringkali ambigu mengenai geografi bergunung-gunungnya. Daerah ini tergabung secara abadi pada tepi kekaisaran besar, sejarahnya yang didominasi perang, pergolakan, serbuan dan agresi antar kekaisaran, semenjak Kekaisaran Romawi sampai Perang Yugoslavia di hari terakhir ini.

Tendensinya, proses pemisahan diri ke dalam persaingan entitas politik menimbulkan menciptakan istilah Balkanisasi (atau membalkankan). Istilah Balkan umumnya mengandung arti hubungan dengan kekerasan, perselisihan keagamaan, bersatu eratnya etnis dan pengertian daerah pedalaman.

Eropa Bagian Tenggara

Karena konotasi istilah “Balkan” tersebut, banyak orang lebih memilih Eropa Tenggara. Lambat laun, penggunaan istilah ini berkembang. Inisiatif UE pada 1999 disebut Pakta Stabilitas untuk Eropa Tenggara, dan koran online Balkan Times menamai dirinya Southeast European Times pada 2003.

Penggunaan istilah ini untuk mengartikan Semenanjung Balkan (dan hanya itu) secara teknis mengabaikan kehadiran geografis Romania dan Ukraine bagian barat, yang juga terletak di bagian tenggara benua Eropa.

Ambiguitas dan Kontroversial

Perbatasan utara semenanjung Balkan umumnya dianggap menjadi garis yang dibentuk sungai Donau, Sava dan Kupa dan segmen yang menghubungkan Kupa dengan Teluk Kvarner.

Ada pula definisi lain mengenai perbatasan utara Balkan:

* garis Krka (sungai di Slovenia) – Vipava – perbatasan utara Teluk Trieste
* garis Dniester – Timişoara – Zagreb – Triglav (pegunungan).
* garis Sava – Ljubljansko polje – sungai Idrijca – Sungai Soča.

Yang paling umum, menggunakan perbatasan utara Danube-Sava-Kupa secara berubah-ubah digunakan pada karakteristik fisiografik, dapat secara mudah diakui di peta. Secara historis dapat dibenarkan sebab daerah yang disebut (bersama dengan Romania dan meniadakan Montenegro, Dalmatia, dan Kepulauan Ionia) merupakan kebanyakan teritorial Eropa dari Khilafah Turki Utsmani dari akhir abad ke-15 – 19. Kupa membentuk perbatasan alam antara Slovenia dan Kroasia bagian tenggara, Sava membagi 2 Kroasia dan Serbia dan Donau, yang merupakan sungai terbesar kedua di Eropa (setelah Volga), membentuk perbatasan alam antara Bulgaria, Serbia dan Romania. Di utara jalur itu terbentang dataran Pannonia dan (dalam hal ini Romania) Pegunungan Karpathia.

Meskipun Romania (dengan pengecualian Dobrudja) bukanlah bagian geografi Balkan, secara konvensional termasuk sebagai ‘negara pengganti’ Khilafah Turki Utsmani kuno. Budaya Romania memuat banyak unsur Balkan dan bahasa Romania termasuk persatuan linguistik Balkan.

Menurut perbatasan yang biasa digunakan, Slovenia terbentang ke utara Balkan dan dianggap bagian Eropa Tengah. Secara historis dan budaya, juga lebih dihubungkan dengan Eropa Tengah, meski budaya Slovenia juga memasukkan unsur budaya orang Balkan.

Bagaimanapun, seperti telah ditetapkan, perbatasan utara semenanjung Balkan bisa juga digambar sebaliknya, yang bagaimanapun pula paling tidak bagian Slovenia dan bagian kecil Italia (Provinsi Trieste) mungkin juga termasuk Balkan.

Slovenia terkadang juga dianggap sebagai negara Balkan sebab asosiasinya dengan mantan Yugoslavia. Saat Balkan dideskripsikan sebagai daerah geopolitik abad ke-20, seluruh Yugoslavia termasuk (Slovenia, Istria, Kepulauan Dalmatia, bagian utara Kroasia dan Vojvodina) Termasuk negara balkan.

Pembenaran sejarah tersebut untuk perbatasan utara Sava-Kupa biasa menghalangi termasuk Kroasia (yang daerahnya ialah oleh dan bagian terbesar Monarki Habsburg dan Republik Venesia selama penaklukan Turki Utsmani). Sebab lain termasuk sejarah dan budaya sebelumnya juga mengikat Kroasia, seperti Slovenia, ke Eropa Tengah dan daerah Laut Tengah lebih daripada mereka terikat pada Balkan. Namun, bentuk geografinya yang khas telah menjadi sifat yang mengelompokkannya dengan daerah Bosnia dan Herzegovina merupakan bagian dari negara balkan, seperti dalam sejarah termasuk Yugoslavia dsb.

Daftar negara anggota balkan (Definisi terkini) :
# Albania
# Bosnia dan Herzegovina
# Bulgaria
# Kroasia
# Yunani
# Republik Macedonia
# Serbia dan Montenegro
# Turki, namun hanya bagian Eropa termasuk Istanbul (secara tradisional disebut Rumelia atau Thrace Timur).
# Romania
# Slovenia

Sumber : http://kaskus.us/showthread.php?p=63170623

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: